Sabtu, 24 Januari 2015

profil al-baitul amien



1.      PROFIL PAUD AL BAITUL AMIEN JEMBER

A.    MUQADDIMAH

Undang-undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikaan Nasional menyatakan bahwa PAUD adalah suatau upaya pembinaan yang di tujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Selanjutnya amanat UU tersebut di jelaskan oleh Permen 58 Tahun 2007 sebagai acuan teknis dalam penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini.
Dalam perkembangannnya masyarakat telah menunjukan kepedulian terhadap masalah pendidikan pengasuhan dan perlindungan anak usia dini dengan berbagai jenis layanan sesuai dengan kondisi dan kemampuan yang ada , baik dalam jalur pendidikan formal dan informal. Dengan adanya lembaga pendidikan luar sekolah tersebut,kami pengurus yayasan membentuk atau merancang visi dan misi utama yaitu mengembangkan atau menambah wawasan,khususnya bagi warga sekitar dan pada umumnya bagi masyarakat luas, sehingga tercipta keseimbangan antara ilmu umum dan ilmu agama.
Terpanggil oleh tanggung jawab untuk ikut serta membantu melahirkan generasi yang berperilaku Qurrota A’yun, maka Yayasan Masjid Jami’ Al Baitul Amien mendirikan lembaga  kelompok bermain usia 2-4 th, Agar dapat memenuhi tuntutan di era pembangunan, khususnya pembangunan di bidang pendidikan dan spiritual maka PAUD Al Baitul Amien menyajikan pendidikan yang bervariasi dan komunikatif yang dirancang sesuai dengan perkembangan anak. Dengan memperhatikan subyek didik yang memiliki perbedaan baik bakat, minat maupun kemampuan akademik, tuntutan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin pesat, menggunakan sistem sentra (sentra bermain, sentra peran, sentra dengan metode sesuai dengan usia anak, yang siap melahirkan generasi berwawasan global dan berahlaq Qur’ani.
 Letak PAUD Al Baitul Amien Jember di Kecamatan Patrang,  bukan hanya menampung Calon Siswa dari wilayah kotatif Jember saja, namun juga antusiasme masyarakat untuk bergabung dengan PAUD Al Baitul Amien juga datang dari wilayah pinggiran yyang masih dalam ruang lingkup kabupaten Jember, seperti kecamatan Panti, Mumbul sari, Jelbuk.
Pada awal tahun berdirinya PAUD Al Baitul Amien Jember yaitu tahun pelajaran 2012/2013 siswa yang mendaftar sebanyak 7-15 anak. Hal ini disebabkan masyarakat khususnya para wali  belum mengenal sekolah PAUD Al Baitul Amien Jember. Hari ini jumlah peserta didik telah mencapai 75 anak. Dalam perkembangan kuantitas peserta didiknya nya, PAUD Al BAITUL AMIEN  terus menunjukkan grafik naik.
Kondisi ekonomi daerah termasuk orang tua siswa bisa dikategorikan menengah ke atas. Sarana prasarana yang dimiliki PAUD Al Baitul Amien Jember pada awal tahun berdirinya  sampai saat ini antara lain :
- APE Out Door                                                =  4 buah
- Ruang kelas                                         =  5 Ruang
- Masjid                                                  =  1 Buah
- MCK                                                   =  3 Unit
-  APE In Door                                      =  4 Box ( sesuai sentra)
Ketenagaan juga mendekati cukup di samping guru / pegawai tidak tetap Yayasan (GTT) sejumlah 9 orang.

B.     Sejarah singkat Berdirinya Sekolah

PAUD Al Baitul Amien Jember  dirintis pertama kali oleh Yayasan Al Baitul Amien Jember. Hal tersebut dilandasi oleh animo masyarakat yang begitu besar terhadap keberadaan pendidikan yang dikelola oleh Yayasan Masjid jamik Al Baitu Amien Jember, baik pendidikan  formal seperti TK Al Amien dan SD Al Baitul Amien (Full Day School), SMP Al Baitul Amien ( Full Day School), maupun pendidikan non formal seperti Taman Pendidikan Al Quran (TPA) Al Baitul Amien Jember. Untuk melengkapi lembaga pendidikan dan menjawab kebutuhan masyarakat akan pentingnya keberadaan Pendidikan Anak Usia Dini dengan jenis layanan Kelompok Bermain, maka didirikanlah PAUD Al Baitul Amien dengan progam layanan Kelompok Bermain (Play Group). Dengan demikian diharapkan adanya ketersambungan dan kesinambungan visi misi dan  penyelenggaraan pendidikan yang sinergis di dalam lingkungan keluarga besar Yayasan Masjid Jami’ Al Baitul Amien.
                       
C.    Lokasi dan Lingkungan

Nomor Statistik Sekolah  :  202.052.431.273
Nomor Kode Satker                     :  -
Nama Sekolah                              : PAUD  Al Baitul Amien Jember
Alamat                                         :  Jl. Sultan Agung 02 Jember
                                                        Telp. (0331) 428094    Kode Pos 68118
D.    Status Dan Luas Tanah

Status tanah                      :  Hak milik Yayasan (Sertifikat)
Luas Tanah seluruhnya     :  9.600 M² 
Luas Bangunan                 :   315 
Luas Lap. Olah Raga        :  -
Luas Halaman                   :  100 M²
Luas Halaman Kebun       :  -
Luas lainnya                      :  -

E.     Jumlah Guru / Karyawan

Jumlah Guru                                              :  10  Orang    
                                                              
F.     Identitas Kepala Sekolah

Nama Kepala Sekolah                   :           Nurhayati Qomariyah
NIP.                                              :      
Tempat Tanggal lahir                    :           Jember, 21 Juli 1982
Pangkat / Golongan ruang            :       
Latar Belakang Pendidikan          :           SD Ibrahimy Sukorejo Situbndo            
MTs  Ibrahimy Sukorejo Situbondo  
                                                                  SMK Ibrahimy Sukorejo Situbondo
G.    Perkembangan Jumlah Siswa

Tahun Pelajaran 2012/2013

No
Jenis Kelamin
Jumlah
1.
2.
Laki – laki
Perempuan
6
11

Jumlah

Tahun Pelajaran 2013/2014

No
Jenis Kelamin
Jumlah
1.
2.
Laki – laki
Perempuan
20
32

Jumlah
52
Tahun Pelajaran 2014/2015

No
Jenis Kelamin
Jumlah
1.
2.
Laki – laki
Perempuan
31
44

Jumlah
75

2.      Rasional


Kurikulum    adalah   seperangkat   rencana  dan  pengaturan mengenai tujuan,   isi  dan   bahan  pelajaran   serta  cara yang digunakan sebagai pedoman    penyelenggaraan   kegiatan   pembelajaran untuk mencapai tujuan    pendidikan    tertentu.   Tujuan   tertentu     ini   meliputi   tujuan pendidikan   nasional   serta   kesesuaian   dengan   kekhasan,   kondisi dan   potensi   daerah,  satuan   pendidikan   dan   peserta  didik.    Oleh sebab   itu     kurikulum    disusun     oleh    satuan    pendidikan    untuk memungkinkan  penyesuaian  program  pendidikan  dengan  kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.
Dalam penyelenggaraan pendidikannya, PAUD Al Baitul Amien Jember menggunakan kurikulum dari DIKNAS yang tertera dalam PERMEN  58 Tahun 2007 tentang Pendidikan Anak Usia dini. Selain itu, lembaga ini juga menggunakan kurikulum khas Masjid Jami’ Al Baitul Amien Jember. Kedua jenis kurikulum tersebut disinergikan untuk menghasilkan kualitas pembelajaran dan lulusan yang sesuai dengan visi dan misi lembaga.

3.      Landasan

1.         Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.         Peraturan  Menteri Pendidikan Nomor 58 Tahun 2007 tentang Pendidikan Anak Usia Dini

4.      Pelaksanaan Kegiatan

Untuk  merealisasikan visi misi lembaga  serta mengahasilkan kompetensi lulusan yang unggul, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh PAUD Al Biatul Amien Jember dalam bentuk kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.
Kegiatan intrakurikuler meliputi:
a.       Mengenalkan kebiasaan sholat Dhuha setiap hari secara berjamaah
b.      Mengenalkan dasar-dasar membaca Al Quran selama yang dilakukan secara klasikal dan privat   sebelum pembelajaran dimulai.
c.       Kegiatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum pemerintah yang tertuang dalam PERMEN 58 tahun 2007.
Adapun kegiatan ekstrakurikulernya meliputi:
a.       cooking class
b.      outbond
c.       pengenalan puncak tema
d.      Gerak dan ayat
4. Visi, Misi, dan Tujuan Pendidikan di PAUD al-Baitul Amien
a. Visi:
Menjadikan generasi yang unggul dalam ilmu dan kebudayaan islami

b. Misi:
1.         Mengenalkan dasar-dasar bahasa inggris dan arab dalam pembelajaran
2.         Memupuk rasa afeksi anak melalui kegiatan sosial di dalam dan di luar sekolah
3.         Melahirkan generasi yang mampu mengenal dasar-dasar membaca dan memahami Al Quran sebagai pedoman hidup setiap muslim
4.         Membiasakan kegiatan Ibadah mulai dari usia dini
5.         Mencetak generasi yang cinta akan kebudayaan Islam berdasarkan Ahlussunah Waljamaah serta mampu mengamalkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar